Jumat, 27 Februari 2015

4 Masjid Bersejarah Di Medan Jadi Ikon Pariwisata Kota Medan


Masjid Bersejarah di Medan ternyata tak hanya Masjid Raya Al-Mashun saja, masih ada beberapa Tiga Masjid tua di Medan yang juga menyimpan jejak sejarah Islam di Kota Medan.
Ketiga Masjid bersejarah di Medan ini banyak di kunjungi para Wisatawan domestic dan menjadikan Masjid Kuno ini sebagai Wisata Religi di Sumatera Utara.

Konon kabarnya ke tiga Masjid tersebut memiliki usia yang jauh lebih tua dari Masjid Raya Al-Mashun Medan, berikut ini ketiga Masjid tertua di Medan :

Yang pertama Masjid Raya Al-Osmani yang terletak di Jalan KL Yos Sudarso Km 19,5 Kecamatan Medan Labuhan, Masjid kuno ini di bangun pada tahun 1854 silam di dirikan oleh Raja Deli Sultan Osman Perkasa Alam.


Arsitektur  di Masjid Raya Al-Osmani ini di desain dengan konsep bangunan ala Timur Tengah dengan perpaduan India, Thiongkok, Melayu dan perpaduan arsitektur Spanyol.
Meski telah berusia lanjut namun keindahan Masjid Raya Al-Osmani ini masih terlihat indah dan menakjubkan.

Yang kedua ada Masjid Badiuzzaman Surbakti yang dibangun oleh Datuk Badiuzzaman Surbakti pada tahun 1885 silam.

Masjid Badiuzzaman Surbakti terletak di Kecamatan Medan Sunggal, banyak hal unik dibalik pembangunan Masjid kuno ini, konon menurut pengakuan para Sesepuh di Medan, Masjid Badiuzzaman Surbakti dibangun tanpa menggunakan Semen satu sendok pun, Masjid ini dibuat dari Putih telur.

Masjid tertua di Medan yang ketiga adalah Masjid Lama Gang Bengkok yang terletak di Jalan Masjid Kesawan, Medan. 

Masjid yang dibangun pada tahun 1890 ini berdiri diatas Tanah Wakaf milik Datuk Kesawan, sedangkan dana untuk pembanguan Masjid ini di peroleh dari salah satu Saudagar kaya asal Thinghoa yang bernama Tjong A Fie yang bukan beragam Islam.

Meski berbeda agama namun sifat toleransi antar umat beragama di Medan sangatlah kokoh.

Masjid ini dibangun dengan perpaduan arsitektur Melayu, China dan Timur Tengah, Arsitektur ini seolah menjadi symbol adanya kerukunan antar umat beragam di Kota Medan.

Dan yang ke empat ada Masjid Raya Al-Mashun yang didirikan oleh Sultan Ma’moen Al Rasyid pada tahun 1906.

Sultan Ma’moen Al Rasyid merupakan Penguasa ke-9 Kerajaan Melayu Deli, hingga kini Masjid Raya Al-Mashun menjadi salah satu ikon pariwisata kota Medan dan menjadi salah satu Masid bersejarah di Medan dengan arsitektur India , Melayu, Spanyol dan Timur Tengah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar