Vihara Gunung Timur Medan, Kelenteng Terbesar Di Sumatera


Vihara Gunung Timur Medan yang terletak di jalan Hang Tuah 16, Medan di nobatkan sebagai Vihara terbesar di Sumatera, luas Vihara secara keseluruhan mencapai 5000 meter persegi.

Vihara Gunung Timur atau disebut juga Kelenteng Tao ini merupakan tempat beribadah umat Tao terbesar di seluruh kota Medan dan Wilayah Sumatera ini biasa digunakan untuk merayakan Imlek dan Cap Go Meh.

Letak Vihara yang menghadap ke Sungai Babura yang dipercaya dapat membawa aura keberuntungan bagi kelenteng kuno ini.

Selain berdekatan dengan Sungai Babura, Vihara ini berada tak jauh dari tempat ibadah umat Hindu yakni Kuil Shri Mariamman, sebuah kuil Hindu Tamil yang berbentuk unik dan menakjubkan.

Para wisatawan yang berkunjung ke komplek Vihara Gunung Timur harus mentaati segala peraturan yang telah ditetapkan, selama berada di dalam Komplek Vihara pere Pengunjung tidak diperbolehkan untuk berbicara keras, mengambil foto di dalam kelenteng, dan bersikap arogan karena dapat mengganggu kekhusyukan ibadah umat Budhha yang sedang melakukan ritual sembahyang. 


Saat menginjakkan kaki di halaman Vihara Gunung Timur Medan yang sangat luas, para Traveller akan menjumpai dua Patung naga yang telihat gagah gagah di bagian atap vihara, lengkap dengan dua ekor ikan raksasa berkepala naga yang ada di belakang.

Beberapa ornamen juga tampak menghias bagian atap Vihara, tepat di depan pintu masuk Vihara terlihat beberapa patung Singa yang terbuat dari batu hitam dan dua patung Singa (Ciok Say) yang terbuat dari batu putih, keberadaan arca tersebut seolah untuk menjaga kesucian vihara. 

Sementara itu di bagian dalam Vihara terdapat sebuah bedug atau tambur yang hanya dibunyikan ketika akan melakukan ritual atau sembahyang.

Di bagian lain tepatnya di altar Buddha, terdapat Patung Buddha Meitreya dan Patung Dewi Kwan Im, sedangkan di sebelah kanan Vihara terdapat altar Toa Pek Kong (Da Bo Gong) dan Thay Suei, serta beberapa Patung Thien Kou (Anjing Langit) Arca Pek Ho Kong (Harimau Putih) dan Arca Tho Te Kong (Dewa Tanah).

Vihara Gunung Timur Medan merupakan replica dari vihara yang ada di Tiongkok.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Read Associated Press Stylebook 2015 and Briefing on Media Law Free

Read La Solución del Vitiligo Remedios naturales para curar el vitíligo y la leucoderma en casa Spanish Edition Free

Read The Werewolf Meets His Match Nocturne Falls Volume 2 Free